MAHASISWA S1 ILMU GIZI LAKSANAKAN PRAKTIKUM DI BOLANGO TIMUR

Pekan ini sebanyak 12 mahasiswa program studi S1 Ilmu Gizi melaksanakan praktikum di desa Bulango Timur kabupaten Bone Bolango. Selasa 23 mei 2023 para dosen S1 Ilmu Gizi yang dipimpin oleh Wakil Ketua I STIKES Bakti Nusantara Gorontalo bidang akademik dan kemahasiswaan, secara resmi memperkenalkan mahasiswa mereka yang direncanakan akan memulai praktikum esok hari di wilayah puskesmas Bulango Timur. 12 Mahasiswa S1 Ilmu Gizi akan melaksanakan praktikum 2 mata kuliah sekaligus dalam 5 hari kedepan.

Praktikum yang pertama adalah praktikum matakuliah Teknologi Informasi Gizi Keluarga. Mahasiswa Prodi D1 Ilmu Gizi tersebut akan mengumpulkan data dengan cara pengukuran status gizi remaja putri, menggunakan teknik komunikasi yang baik dengan responden dan ketelitian dalam mengolah hasil observasi menjadi satu informasi kesehatan. Pengumpulan data yang akan digunakan yakni dengan melaksanakan wawancara dan pengukuran antrometru. Selain itu mereka akan melaksanakan pemeriksaan gula darah, asam urat, Hb, sosialisasi anemia, dan masih banyak lagi.

Selain itu 12 mahasiswa juga akan melaksanakan praktikum Upaya kesehatan Bersumber Daya Masyarakat. Mereka akan melaksanakan praktik pengambilan data dengan cara pengukuran faktor resiko Penyakit tidak menular (PTM) deteksi kasus melauki pelaksana skrining PTM, serta pelaksanaan penginputan pada sistem aplikasi sehat Indonesiaku (ASIK) sampai pada tahapan analisis data dan kasus. Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain skrining kesehatan melalui lembar cerdik, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pengumpulan data berdasarkan aplikasi ASIK, melakukan home visit penyakit tidak menular dan masih banyak lagi.

2 thoughts on “MAHASISWA S1 ILMU GIZI LAKSANAKAN PRAKTIKUM DI BOLANGO TIMUR”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *